Monday, January 4, 2016

Membaca Tanda Tubuh



Tidak semua manusia dilahirkan dengan kesehatan yang sempurna. Kita bisa membaca banyak berita baik di koran, radio atau televisi, banyak bayi yang baru lahir menderita sakit. Ada juga saat balita, kita juga mengalami sakit dari sakit batuk, pilek ataupun mungkin sedikit serius atau sangat serius. Demikian juga saat remaja ataupun saat menjelang tua. Ada saja rasa sakit mendera tubuh kita.

Ada saatnya kita membaca tanda tubuh kita. Disaat kurang nyaman dengan tubuh kita sendiri, kita akan merasakan meriang, rasa sakit ataupun tanda-tanda tubuh yang menandakan kurang sehat. Muka pucat, mata tidak bersinar, bibir pecah-pecah ataupun rasa sakit yang tidak terlihat seperti sakit gigi, kepala pusing ataupun sakit perut melilit. 

Perlunya membaca tanda tubuh ini. Disaat tubuh lemah, disaat tubuh memerlukan waktu istirahat, disaat tubuh memerlukan hak untuk menyembuhkan diri, kita berikan hak-hal ini pada tubuh kita. Membaca tanda tubuh untuk tetap sehat sehingga kita pun dapat berkarya dengan sempurna.

Membaca tanda tubuh memerlukan waktu dan pikiran untuk memperhatikan apa yang terjadi dengan tubuh kita. Sering juga kita mengabaikan hal ini karena merasa kuat, bukan masalah besar, ataupun juga dikuatkan karena dikejar waktu untuk menyelesaikan sesuatu hal. Akhirnya tubuh kita pun menyerah bahkan tidak dapat mentolerir lagi kondisi sakit yang amat sangat.

Jika sudah demikian, maka kita pun memerlukan dokter dan profesi lain untuk membaca tanda tubuh ini, yaitu dokter membaca tanda-tandanya dengan cara memeriksa tubuh kita dan mengenal tanda-tanda yang muncul baik terlihat maupun tidak terlihat dengan mata. Maka diperlukan bantuan laboratorium untuk melihat apa yang terjadi dengan tubuh kita. Dengan demikian hasil membaca tanda tubuh oleh dokter akan bertambah akurat dengan dibantu dengan hasil laboratorium tersebut.

Membaca tanda tubuh memerlukan ilmu. dan ilmu itu diperoleh dari membaca buku, membaca apa yang terjadi dengan tubuh kita, sekitar kita. Maka tidak ada jalan lain untuk menambah pengetahuan yaitu membaca. 


No comments:

Post a Comment